Selasa, 13 Desember 2016

Strategi DAkwah

                       Strategi DAkwah
A.Pengembangan Dakwah Islam
Secara garis besar ada dua strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan dakwah islam :
a. Strategi dakwah dilihat dari tujuan yang  hendak dicapai
b. Strategi dakwah dilihat dari sisi pendekatan dakwah.
  Kedua strategi tersebut dalam aplikasinya tidak harus berjalan secara linear dan strict, melainkan saling memperkuat atau bersifat komplementer.
a. Strategi dakawah dilihat dari tujuan dakwah
    Ada dua strategi yang dikembangkan dalam penyebaran dakwah islam yaitu strategi tawsi'ah (penambahan jumalah umat islam) dan tarqiyah (peningkatan kualitas umat islam). Strategi tawsi'ah dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah umat islam. Dalam hal ini dakwah dilakukan kepada orang-orang yang belum memeluk islam. Sedangkan strategi tarqiyah diarahkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan orang yang telah memeluk islam.
b. Strategi dakwah dilihat dari pendekatan dakawah
     Dilihat dari sisi pendekatan dakwah islam, ada dua strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan dakwah yaitu: Strategi dakwah kultural, Strategi dakwah struktural.
1. Strategi dakwah kultural
Menurut syamsul hidayat, dakwah kultural merupakan kegiatan dakwah yang memperhatikan potensi dan kecenderungan manusia sebagai makhluk berbudaya, guna menghasilkan budaya alternatif yang islami, yakni berkebudayaan dan berperadaban yang dijiwai oleh pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran islam yang bersumber dari al-qur'an dan al-sunah serta melepaskan diri dari budaya yang dijiwai oleh kemysyrikan, takhayul, bid'ah dan khurofat.
2. Strategi dakwah struktural
Strategi dakwah struktural adalah strategi dakwah yang dilakukan melalui jalur kekuasaan. Menurut Kuntowijoyo, disebut strategi struktural kalau perjuangan itu harus memakai struktur teknis berupa birokrasi, lembaga-lembaga negara, partai-partai dan semua usaha yang mengarah ke pengambilan politik.
B. Kebijakan pemerintah dan implikasinya terhadap kegiatan dakwah di indonesia
     Secara etimologi, kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelajsanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan dan cara bertindak (tentang prmerintah, orang dan sebagainya), pernyataan cita-cita, tujuan, prinsio atau maksud sebagai garis pedoman untuk manajemen dalam usaha mencapai sasaran, garis haluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar